Jenis Wawancara
sumber gambar : http://www.toonpool.com
Menurut Responden yang diinterview
- Langsung
- Tak langsung (ex: telepon, teleconference, virtual)
Menurut Prosedur Pelaksanaan
- Berstruktur (ada guide atau panduan yang sistematis, ex: wawancara sensus)
- Tidak berstruktur (semi ngobrol, tidak ada guide)
- Terarah (ex: konseling)
Menurut Situasi Interview
- Formal (ex: wawancara kerja)
- Informal (ex: talk show)
Menurut Perencanaan
- Berencana (sudah persiapan, ada janji pertemuan dan ada guide)
- Insidental (spontan, ex: wawancara oleh seller di mall)
Berdasarkan Sasarannya
- Wawancara Sekolah
- Wawancara Klinis
- Wawancara Industri dan Organisasi
- Wawancara Sosial dan Masyarakat
Format berdasarkan sifat wawancara
- Terpimpin : Iter (pewawancara) mengarahkan wawancara atau menggunakan guide (panduan)
- Bebas Terpimpin : ada guide tapi tidak semua pertanyaan di guide ditanyakan namun disesuaikan dengan kondisi subjek.
- Pribadi : wawancara hanya dengan satu orang mengkhususkan pada masalah pribadi
- Kelompok : wawancara lebih dari satu orang, masalah yang dibicarakan relatif merupakan topik umum
- Free Talk : hubungan iter (pewawancara) dan itee (yang diwawancara) relatif tanpa jarak, mengalir tanpa guide, digunakan dalam action research, seperti interaksi klinis antara dokter dan pasien.
- Diskusi : merupakan free talk yang terjadi sampai pada tahap pencarian solusi atas suatu masalah tertentu.
Format berdasarkan fungsi wawancara
- Riset : untuk memperoleh data tentang fenomena yang diteliti
- Diagnostik : untuk pemeriksaan psikologis
- Terapiutik : biasanya terjadi dalam helmping relationship, fungsinya untuk konseling, terapi, pemulihan dan bentuk pendampungan psikologis lainnya.
Format berdasarkan tujuan wawancara
- Pekerjaan
- Informatif
- Administratif
- Konseling
Format berdasarkan penggunaan
- Primer : wawancara sebagai metode utama
- Pelengkap : wawancara sebagai pelengkap metode pengumpulan data yang lainnya
- Kriterium : wawancara sebagai metode pembanding dengan metode lain.
Format berdasarkan waktu kontak
- Pendek : 10-15 menit
- Panjang : lebih dari 1 jam
- Repetitif : berulang-ulang
Wawancara yang baik adalah wawancara yang
- Relevan : sesuai topik
- Valid : sesuai tujuan
- Tidak mengandung bias
^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar