Kamis, 03 Mei 2012

Andragogi vs Pedagogi

Andragogi

Kata "Andragogi" berasal dari bahasa Yunani
"andra" = orang dewasa
"agogos" = memimpin

Andragogi adalah suatu seni dan ilmu untuk membantu manusia belajar.

Pedagogi

Kata "Pedagogi" juga berasal dari bahasa Yunani
"paid" = kanak kanak
"agogos" =  memimpin


Pedagogi adalah suatu seni dan ilmu mengajar anak-anak

Andragogi vs Pedagogi

Perbedaan andragogi dan pedagogi dapat ditinjau dari beberapa hal, diantaranya :
  • Hubungan siswa dan guru. Pada pedagogi siswa sangat bergantung pada guru, guru bertanggung jawab penuh pada apa yang akan diajarkan dan bagaimana mengajarkannya. Gurulah yang mengevaluasi hasil belajar. Sedangkan pada andragogi guru bersikap sebagai fasilitator, siswa mengarahkan dirinya sendiri untuk belajar apa dan bagaimana, siswa bertanggungjawab atas belajarnya sendiri, dan siswa diberi peluang yang cukup besar untuk melakukan evaluasi diri
  • Peran pengalaman siswa. Pada pedagogi pengalaman guru lebih dominan, siswanya sendiri pasif. Sedangkan pada andragogi pelajar mengalamai sesuatu secara lebih leluasa, pengalaman menjadi sumber utama mengidentifikasi penguasaan diri akan sesuatu, siswa satu sama lain saling berperan sebagai sumber belajar.
  • Motivasi belajar. Pada pedagogi motivasi datang secara eksternal, artinya siswa disuruh atau dipaksa atau diwajibkan atau dituntut untuk mengikuti suatu pendidikan tertentu. Sedangkan motivasi pada kegiatan belajar orang dewasa lebih bersifat internal, datang dari diri sendiri sebagai wujud aktualisasi diri, penghargaan diri, dan lain lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar