Kamis, 03 Mei 2012

Jenis Pendidikan

Setidaknya ada 8 jenis pendidikan yang terselenggara dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

  1. Pendidikan masal
    Menurut Faisal (Ashfi, 2012) pendidikan masal adalah aktivitas pendidikan dalam masyarakat yang sasarannya adalah individu dewasa yang mengalami keterlantaran pendidikan.
    Misalnya : pemberantasan buta huruf.
  2. Pendidikan masyarakat
    Pendidikan masyarakat adalah gerakan pendidikan masyarakat yang ditujukan sebagai gerakan pendidikan yang ditujukan pada persekutuan hidup (yang dilihat sebagai keutuhan hidup) sehingga mereka mempunyai pandangan, sikap, kebiasaan, dan kemampuan tertentu.
    Misalnya : penyuluhan gerakan koperasi pembangun masyarakat.
  3. Pendidikan dasar
    Pendidikan dasar adalah gerakan pendidikan yang ditujukan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang sosio ekonomi dengan pendidikan minimum.Sasarannya adalah semua kalangan di daerah terbelakang. Tujuannya agar mereka mampu menyesuaikan diri dan mengembangkan lingkungannya.
  4. Penyuluhan
    Penyuluhan merupakan gerakan bimbinngan kepada masyarakat yang dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi atau kejuruan menengah yang bekerja sama dengan instansi pemerintah yang relevan. Pengetahuan di sampaikan dengan cara yang menarik dan persuasif. Pelaksanaannya dapat individual dan dapat kelompok. Materinya bermacam-macam, misal : teknologi, pertanian, ekonomi keluarga, KB, usaha tani, dll.
  5. Pengembangan masyarakat
    Menurut Faisal (Ashfi, 2012) pengembangan masyarakat yang dimaksud adalah usaha, proses atau gerakan yang ditujukan kepada masyarakat sebagai satu sistem sosial agar dapat berkembang dan mampu menolong diri sendiri meningkatkan kualitas hidupnya di bidang ekonomi dan sosial.
  6. Masyarakat belajar
    Masyarakat belajar menunjuk kepada fakta warga masyarakat yang secara aktif menggali pengalaman belajar di setiap kehidupan. 
  7. Pendidikan seumur hidup
    Yang dimaksud pendidikan seumur hidup adalah kenyataan, asas, dan harapan bahwa proses dan kebutuhan berlangsung sepanjang hidup.
    "Never Late to Learn"
  8. Pendidikan formal, nonformal, dan informal
    Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi.
    Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat diselenggarakan secara terstruktur dan berjenjang.
    Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.
Kuliah Andragogi bersama Ibu Permata Ashfi Raihana S.Psi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar