Selasa, 09 April 2013

Perkembangan Bahasa : Vygotsky



Vygotsky memiliki pandangan bahwa manusia adalah makhluk sosial (nurture).



Dalam pandangannya terhadap manusia sebagai makhluk sosial, Vygotsky menyatakan bahwa seorang perkembangan individu adalah tergantung bagaimana ia dibesarkan oleh lingkungan. Berfikir tidak sama dengan berbahasa, Vygotsky setuju bahwa perkembangan fikir sifatnya nature namun perkembangan bahasa bersifat nurture.
  • ZPD (Zone of Proximal Development)ZPD merupakan jarak terciptanya pemahaman baru, dari tau menjadi tahu, dan ini terjadi melalui bantuan orang lain. 
  • Scaffolding adalah perubahan tingkat dukungan dan merupakan konsep yang berkaitan denagn ZPD, di saat anak belajar dg tugas baru, orang dewasa/teman yang sudah mahir mengintruksikan langsung, namun ketika kemampuan anak meningkat maka bantuan itu dikurangi agar anak lebih mampu melewati tugasnya dan tidak tergantung.
  • Dialog, bentuk komunikasi antara anak dengan orang lain, dimana anak dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, agar anak dapat memahami suatu konsep yang sistematis, logis dan rasional. Sebaiknya anak dikondisikan dengan lingkungan yang aktif, jika seorang anak sering berdialog dengan ibu, ayah, saudaranya dirumah, disekolah, aupun ditempat rekreasi akan terbentuk suatu komunikasi sosial dalam diri anak. sehingga dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa dan aktif dengan lingkungan. Hal itulah yang selalu ditekankan oleh Vygotsky untuk membentuk dan meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa. Jika anak cenderung pasif karrena tidak pernah berdialog, maka anak akan sulit untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya dan tugas perkembangannya pun terhambat.
Menurut Vygotsky, tidak ada batasan umur ketika kita membicarakan perkembangan bahasa, karena konsepnya, hanya lingkungan yang dapat meningkatkan pengetahuan kognitif seseorang.
Anak yang sejak kecil sudah diajarkan membaca akan memiliki lebih banyak perbendaharaan kata.
Selain itu Vygotsky juga memperkenalkan tentang Private Speech, ucapan atau komunikasi untuk diri kita sendiri, akan membantu dalam proses pengembangan internal. Semakin sering orang melakukan private speech maka akan semakin pandai keterampilan sosialnya.  
Meski begitu Vygotsky memiliki pandangan tentang tahapan perkembangan bahasa, yaitu :
  1. More Dependence
    Merupakan masa dimana kita tergantung pada orang atas bahasa dan kata
  2. Less Dependence
    Tahap dimana kita dapat mulai mencari tau sendiri sehingga tidak terlalu membutuhkan orang lain
  3. Internalization
    Merupakan tahap dimana kata-kata dapat terinternalisasi, jadi dapat lebih mudah terucap secara natural.
  4. De-automatization
    Merupakan tahap dimana kita dapat menciptakan gaya bahasa sendiri dan memiliki sense of language

Kuliah Kognitif Aulia Kirana S.Psi


1 komentar: